Reduksi Dimensi Kolom, Saving Cost di Net Area

Posted on Updated on

Capture

(Gambar pekerja yang mempersiapkan tulangan kolom yang sangat besar)

Dengan makin mahalnya nett area dan valuable space untuk premium kondomium atau office pada bangunan tinggi, anda butuh struktur engineer yang juga memikirkan hal tersebut. Misal-nya untuk kasus bangunan yang sangat mahal, nett area menjadi penting. Jika ada insinyur konsultan yang mengatakan bahwa penggunaan beton bertulang dengan kolom sekitar 1-2% tulangan adalah ekonomis, anda perlu berpikir kembali karena yang dipikirkan oleh insinyur tersebut hanya dari segi struktur.

Saya akan ambil contoh jika anda men-konsider penggunaan kolom baja import mutu tinggi FY350, maka dibandingkan dengan beton berapa dimensinya. Saya ambil 2 produsen baja terkenal di sini yaitu ArcelorMittal dan Nippon Steel.

Untuk kasus ArcelorMittal, mereka mengeluarkan Jumbo section, saya ambil untuk section H580x471x95x130 untuk Fy350 maka ekuivalen kekuatan betonnya adalah 1200×1200 Fc45 Reinf 1.3% ditunjukkan diagram interaksi berikut :

Kasus 1

Bayangkan !!, total area yang dibutuhkan kolom untuk kapasitas yang hampir sama menjadi hanya (580×471)/(1200×1200) = 19% saja !!!, berapa banyak yang net area yang bisa anda saving dari pengurangan dimensi kolom tersebut.

Selanjutnya untuk section Nippon Steel H582x500x50x55 FY350 maka diagram interaksinya beserta ekuivalen dimensi kolom adalah :

Kasus 2

total area yang dibutuhkan kolom untuk kapasitas yang hampir sama menjadi hanya (582×500)/(900×900) = 36% saja !!!, wow

Anda tentu bisa saving price di net area yang bisa terjual, sehingga cost dari penambahan biaya akibat kolom dan baja import bisa tercukupi.

Namun perlu catatan, untuk kasus bangunan gempa seperti di Indonesia, maka struktur harus di desain dengan single system corewall dan dengan menggunakan performanced based design, dan oleh karenanya anda butuh konsultan yang ahli soal ini. Belum lagi umumnya konsultan tidak familiar menggunakan struktur baja untuk bangunan tinggi, oleh karenanya jangan sembarangan pilih konsultan jika ingin mendesain gedung seperti ini.

Capture

(Contoh kasus kasino di singapura, dimana akibat kolom beton yang sangat besar sehingga mengambil tempat yang banyak, bayangkan jika kolom tersebut hanya setengah ukuran yang sekarang, pemilik dapat menempatkan 1 lagi mesin di sana dan pemasukan akan makin bertambah)

Advertisements

One thought on “Reduksi Dimensi Kolom, Saving Cost di Net Area

    Fachrizal Faruk said:
    02/27/2018 at 6:12 PM

    Yang saya komentari ini bukan artikelnya, tetapi orang yang membuat artikel. Pemahaman tentang code, konsep, sangat tinggi, ditunjang pengetahuan akan literatur yang sangat luas, dan mau share ilmu yang dimiliki. Jika boleh saya tanya, apa saja yang harus saya pelajari dari awal agar memiliki pemahaman seperti saudara, mengingat saya baru saja lulus kuliah. Mungkin bang Ryan punya saran buku-buku apa yang harus saya pelajari (di bidang beton, Earthquake Eng, Tall Buildings) mulai dari tingkat basic sampai advanced. Terima kasih banyak.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s