Rasionalisasi dibalik inersia T-Beam

Posted on

Pada balok nonprestress yang dibuat monolit dengan slab, maka modelisasi matematik struktur harus mempertimbangkan pengaruh penambahan kekakuan akibat dari flange pada balok T (T-Beam). Hal ini diatur dalam code ACI 318-14 yaitu :

t-beam

Memodelkan nilai effective overhanging width pada T-Beam cukup complicated, dikarenakan dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu tributary balok, tebal slab, dan bentang balok. Hal ini membuat akan banyak tipe balok yang dimodelkan dan menyulitkan insinyur.

Untuk itu, code di section commentary-nya memperbolehkan menggunakan simplifikasi yaitu memodelkan balok sebagai balok rectangular dan mengabaikan flange, namun dengan mengkalikan faktor inertia gross dengan factor 2.0 :

allowance

Dimana rasionalisasi dari faktor ini ?

Untuk itu penulis mencoba menggunakan sedikit investigasi untuk melihat apakah benar faktor ini cukup akurat. Hasil dari analisis penulis ditunjukkan oleh tabel berikut :

bflange-vs-ratio

Pada tabel di atas, sumbu x adalah B-flange (nilai beam width Bw + kedua effective overhanging slab) dan sumbu y adalah rasio inersia T beam dan Inersia Rectangular beam yang mengabaikan overhanging slab.

Dari tabel tersebut terlihat bahwa faktor 2.0 tidak cukup rasional digunakan untuk balok – balok besar, bahkan untuk balok induk 40×80 dengan nilai B-flange 150 cm didapat nilai faktor 2.0 lebih besar 20 % daripada nilai matematiknya.

Dari hal ini, insinyur harus bertanggung jawab dengan argumentasi dan engineering judmen apakah nilai approximate faktor 2.0 masih membuat struktur tetap aman dalam desain.

Selain tulisan ini penulis juka pernah membuat artikel terkait yang bisa dilihat pada link berikut :

Mengapa Balok T/L ?

Ryan. R Setiadi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s