Simplifikasi Dalam Desain – Beban Lateral Pondasi

Posted on Updated on

Ini pengalaman saya yang menghadiri salah satu diskusi yang membahas masalah – masalah dalam geoteknik. Ada hal cukup menarik perhatian saya ketika pembawa materi menjelaskan bahwa penggunaan metode Brom dalam menghitung respon ultimate tiang pondasi terhadap beban lateral dilarang digunakan. Pembicara merekomendasikan menggunakan metode P-Y method yang merupakan metode numerik, dan insinyur juga diminta mempertimbangkan nonlinearitas dari kekakuan tanah, efek beban cyclic, efek cracking pada tiang, dan lain halnya. Tapi intinya cuma satu, anda tidak bisa hitung manual lagi, harus dengan software komputer, komputer, dan komputer.

Nah, yang menjadi perhatian saya adalah mengapa harus sesulit itu ?, mungkin untuk kasus – kasus tertentu misalnya menghitung respon dinding soldier pile akibat beban dorong tanah di galian dalam memang perlu, karena risk-nya tinggi, dan insinyur harus menghitung seakurat mungkin, tapi untuk beban lainnya seperti beban lateral gempa, apa perlu ?

Mungkin ada satu hal yang kurang diketahui banyak insinyur yang mendesain pondasi pada bangunan, yaitu perhitungan base shear akibat gempa adalah sangat, sekali lagi sangat, simplified. Bagi insinyur struktur seperti saya, parameter yang saya perlukan hanya gambar arsitek sehingga bisa estimasi massa bangunan, tinggi bangunan tersebut, dan lokasi bangunannya dimana, dengan rumus simplified dari ASCE beserta bantuan kalkulator saya bisa langsung dapat nilai base shear, toh kalaupun nantinya saya harus memodelkan bangunan tersebut di software komputer, saya tetap harus men-skalakan base shear hasil software komputer dengan base shear estimasi tadi, jadi intinya rumus simplified tersebut yang jadi acuan.

Pertanyaannya, dengan input yang sangat simplified, sangat sederhana, sangat men-generalkan masalah, apakah perlu diproses dengan cara yang sangat akurat, sangat analitikal, sangat menghabiskan waktu, dan terakhir, sangat mahal (karena harus beli software) ???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s