Ketentuan Detailing Confinement Tambahan di ACI 318-14M

Posted on Updated on

Sebelumnya saya pernah menulis tentang tambahan rumus pada ACI 318-14M untuk menentukan besarnya confinement pada special moment resisting frame, yang mempertimbangkan pengaruh gaya aksial tekan dan juga efektifitas dari layout confinement (https://ryanrakhmats.wordpress.com/2015/04/21/update-penulangan-confinement-kolom-di-aci-318-14/), baru – baru ini setelah melihat – lihat lagi provision tentang confinement, saya baru sadar kalau ACI 318-14M juga memberikan persyaratan detailing confinement yang sangat ketat untuk kolom dengan gaya aksial tinggi atau menggunakan mutu beton tinggi, hal ini bisa di lihat pada pasal 18.7.5.2 point f – ACI 318-14M yaitu :

Ya tepat sekali, sekarang semua longitudinal reinforcement harus dipegang oleh cross tie jika kolom memiliki nilai Pu > 0.3 Ag Fc atau Fc > 70 mPa. Tambahan lagi di commentary yaitu:

Commentary 18.7.5.2 - ACI 318-14M

Kalimat yang saya garis bawahi itu menyatakan bahwa cross tie untuk kolom yang menahan gaya aksial besar atau menggunakan mutu beton tinggi harus diberikan dengan seismic hooks di tiap2 ujungnya, yaitu ditekuk 135-derajat.

Jack Moehle pada bukunya yang terbaru Seismic Design of Reinforced Concrete Buildings (2014) memberikan penjelasan dalam bentuk contoh gambar detailing yaitu sebagai berikut :

 

Column Confinement ACI 318-14MSumber : Jack Moehle (2014)

Dari sini terlihat sekali bahwa ACI 318-14M benar – benar memberikan finalti yang ketat untuk kolom dengan gaya aksial tinggi atau menggunakan mutu beton yang tinggi. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut dapat menurunkan daktalitas dari kolom.

Referensi :

ACI 318-14 (2014) American Concrete Institute, Building code requirements for structural concrete and commentary (ACI 318R-14). American Concrete Institute, Farmington Hills

Jack Moehle. – Seismic Design of Reinforced Concrete Buildings – 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s