Konsekuensi Dari Reduksi Kekakuan F22 Sampai 0.35 di Shearwall

Posted on Updated on

Saya ingin menyatakan lagi mengenai konsekuensi reduksi kekakuan f22 di shearwall yang sampai 0.35 , hal ini saya jelaskan kembali karena masih sering melihat insinyur yang melakukannya. jika ini dilakukan, maka anda juga ikut mereduksi kekakuan aksial shearwall tersebut sampai tinggal 35 % efektif, ini dikarenakan aksi lentur dan tekan/tarik bersifat saling terikat dikarenakan bersesuaian dengan tegangan aksial penampang struktur tersebut, jika digunakan software SAP/ETABS, maka tegangan tersebut adalah F22.

Konsekuensi utama dari mereduksi kekakuan aksial shearwall sampai 35 % adalah gaya – gaya aksial akan diredistribusi ke kolom sehingga menyebabkan underestimate gaya aksial di wall dan overestimate gaya aksial di kolom. Underestimate gaya aksial di wall menyebabkan underestimate pula nilai rasio PMM yang terjadi, sehingga dapat menyebabkan plastifikasi lentur-tekan yang lebih awal dari yang di inginkan pada shearwall. Di karenakan umumnya shearwall menahan beban lateral lebih dari 80 %, maka segara global efeknya adalah kebutuhan daktalitas yang lebih tinggi (Gambar 1), dimana nilai kebutuhan daktalitas yang lebih tinggi akan cenderung menyebabkan kerusakan yang lebih besar pula.

Oleh karenanya, saya cenderung untuk merekomendasikan faktor reduksi F22 hanya 0.8 – 1.0 saja.

V & Deformasi

Gambar 1. Struktur B yang memiliki kapasitas base shear lebih rendah dari struktur A akan membutuhkan daktalitas yang lebih besar dari struktur A untuk mencapai target deformasi tertentu

Untuk informasi lebih panjang mengenai hal ini bisa dilihat di tulisan penulis yang lain :

https://ryanrakhmats.wordpress.com/2014/12/30/reduksi-kekakuan-shearwall-dan-efeknya/

Advertisements

One thought on “Konsekuensi Dari Reduksi Kekakuan F22 Sampai 0.35 di Shearwall

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s