Tower Saja Atau Tower Basement

Posted on

Tidak di group linkedin atau di manapun juga masih banyak perdebatan soal analisa struktur, apakah dua tahap (analisa tower dulu yang dijepit di ground, baru basement dianalisis dengan statik equivalen) atau analisa sekaligus (tower dan basement sekaligus dimodelkan dan dianalisis).

Di ASCE saya lihat cenderung ke arah analisa sekaligus, jadi jika ingin dianalisa dua tahap, maka diperlukan beberapa persyaratan yang harus dicakupi. Selain ASCE, di NEHRP dan TBI juga merekomendasikan analisa sekaligus. Kalau mau dilihat alasannya, rasanya juga cukup rasional. Mereka yang berada pada kubu ini berpendapat bahwa respon global struktur lebih penting dari respon lokal elemen. Maksudnya, dengan dilakukan analisa sekaligus, maka respon dinamik secara global lebih bisa dilihat dan pengecekan batasan code secara global yaitu drift dan deformasi akan didapatkan nilai yang sedikit lebih konservatif.

Sementara itu kubu lainnya berpendapat bahwa melakukan analisis tower saja dan dijepit di ground dianggap lebih konservatif pada gaya geser struktur, yang pengaruhnya tentu ke kebutuhan kekuatan untuk masing – masing element struktur (kebutuhan tulangan dan PMM ratio dll).

Kalau terus menurus diperdepatkan tidak akan ada ujungnya. Dari sisi kemudahan menurut penulis lebih mudah cara sekaligus, untuk segi akurasi real-nya, penulis tidak tahu mana yang paling benar, namun agaknya hasil akhir antar kedua metode tidak akan berbeda jauh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s