Fitur Terbaru ETABS 2015

Posted on Updated on

Di kantor software ETABS 2015 baru datang, kebetulan baru melihat – lihat fitur terbarunya, beberapa yang menurut penulis menarik adalah :

1. Shell Hinge

Shell Hinge

Sekarang selain memodelkan nonlinear pada shell dengan nonlinear layered shell elemen, bisa juga menggunakan concentrated hinge model. Namun opsi ini lebih cocok untuk simple shearwall 2D, untuk shearwall yang complicated dan dianalisis gempa secara 3D, nonlinear layered shell lebih dianjurkan. Hal ini dikarenakan rasanya concentrated hinge model belum bisa mempertimbangkan konsentrasi tegangan di corner wall karena efek shear lag.

2. Time History Matched to Response Spectrum

Time History Mathced

Berkembangnya analisa performance design membuat kebutuhan akan software time history matched menjadi lebih sering. CSI rasanya memikirkan hal tersebut. Bagusnya dalam opsi terbaru ini adalah adanya menu Spectral Matching in Time Domain, opsi ini membuat hasil time history matched lebih baik dibandingkan matching in frequency domain.

3. Additional Hysteresis Type in Nonlinear Material

Nonlinear Material

Sekarang insinyur yang sering menggunakan fiber hinge atau nonlinear layered shell akan lebih terbantu dengan opsi ini. Sebelumnya hysteresis type pada nonlinear material hanya ada simple kinematic dan takeda membuat sulit untuk memodelkan degregasi pada beton, sekarang tidak lagi.

4. Quasi-Static Pushover

Quasi-Static

Saya sebenarnya masih kurang paham maksud CSI menggembangkan opsi ini. Kira – kira opsi ini mirip dengan pushover dengan Force Controlled. Rasanya opsi ini dikembangkan agar pengaruh dinamik bisa dipertimbangkan dalam analisis pushover (?)/

5. Option to Move Mass Centroid

Mass Eccentricity

Dari semua opsi terbaru yang dibuat di ETABS 2015, ini adalah opsi yang paling penulis tunggu, yaitu opsi untuk memindahkan mass centroid sehingga karakteristik modal dinamik struktur bisa berubah. Opsi ini yang dianjurkan digunakan di ASCE 7-10 namun rasanya belum ada software yang bisa melakukannya. Sayangnya setelah penulis coba, opsi ini masih belum bisa digunakan untuk banyak modal case, sehingga belum bisa digunakan dengan maksimal.

6. Directional Combination Type

Directional Combination Type

Sebenarnya ini bukan fitur baru di ETABS 2015, karena di ETABS 2013 sudah ada. Pada fitur terbaru ini disediakan metode CQC3, yaitu metode paling update untuk mempertimbangkan pengaruh orthogonality pada gempa. Di bukunya Wilson merekomendasikan metode ini atau SRSS dibandingkan simple 100% + 30% yang biasa digunakan di Code.

7. Soil Profile Data for Soil Spring

Soil Spring

Saya sama sekali tidak tahu untuk apa opsi ini 😀

______________________________end________________________________

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s