Hilangnya Insentif 15% Base Shear Untuk Analisis MRS di NEHRP 2015/ASCE 7-16

Posted on Updated on

Analisa struktur dengan metode Modal Response Spectrum (MRS) sudah cukup digunakan di design office. Selain dianggap lebih akurat, metode ini diperbolehkan menghasilkan nilai base shear dibawah hasil dari analisis metode Equivalent Lateral Force (ELF), namun tetap dibatasi minimal 85% base shear ELF. Penggunaan minimal 85% didasarkan bahwa metode MRS bisa menghasilkan nilai base shear yang jauh lebih rendah dari metode ELF dikarenakan tidak adanya pembatasan periode getar (CuTa) di metode MRS. 15% dianggap sebagai insentif karena dianggap metode MRS lebih baik karena mempertimbangkan pengaruh higher modes.

Namun hasil dari beberapa analisa dengan metode P-695 (FEMA 2009, NIST 2010) untuk model yang didesain dengan ELF dan MRS (dengan scale faktor 85%) menunjukkan bahwa model yang di desain dengan MRS konsisten menghasilkan probabilitas collapse yang lebih tinggi dibandingkan model yang di desain dengan ELF. Hasil ini diprediksi dikarenakan nilai base shear metode MRS yang lebih rendah dari metode ELF (Charney 2015). Oleh karenanya kedepannya (NEHRP 2015 dan ASCE 7-16) akan menentukan bahwa analisis dengan metode MRS harus di skalakan minimal 100% dengan base shear metode ELF. Jadi tidak ada lagi insentif 15%.

Perlu diperhatikan pula bahwa minimum skala 100% base shear terhadap ELF juga berlaku untuk analisis dengan metode Linear Response History (LRH), dimana pada code NEHRP 2015 dan ASCE 7-16 akan lebih di detailkan lagi. Pembaca bisa melihat paper Charney 2015 untuk resume detail update untuk analisa LRH.

Selain itu, konsisten dengan skala base shear dikarenakan akibat di metode ELF mempertimbangkan pengaruh pembatasan periode getar (CuTa), deformasi hasil dari analisis MRS maupun LRH juga tidak perlu di skalakan dengan hasil deformasi ELF karena perhitungan deformasi di ELF juga mengabaikan pembatasan periode getar (CuTa).

Insentif 15%

Gambar 1. Analysis Requirement for MSA Method in ASCE 7-16 / NEHRP 2015 (Charney 2015)

Reference :

Charney, F. (2015), “A New Linear Response History Analysis Procedure for the 2015 NEHRP Recommended Provisions and for ASCE 7-16”, ASCE Structural Congress 2015.

Advertisements

2 thoughts on “Hilangnya Insentif 15% Base Shear Untuk Analisis MRS di NEHRP 2015/ASCE 7-16

    Asri Winita said:
    01/25/2016 at 1:56 PM

    Hi Mas Ryan. Maaf mau tanya, untuk referensi jurnalnya bisa dilihat dimana ya? Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s