Accidental Torsion dengan Menggunakan Mass Offset Menu

Posted on Updated on

Mass Offset

Gambar di atas penulis ambil dari website CSI, yang isinya mengenai menu terbaru pada software ETABS 2015 yang baru keluar. Dari sekian banyak perkembangan menu pada softwarenya, yang jadi sorotan saya salah satunya adalah dibuatnya menu untuk melakukan manual pergeseran center of mass pada pelat lantai. Hal ini menarik karena akhir – akhir ini banyak dibicarakan di paper – paper terutama untuk pengembangan metode linear time history (LTH). Prof Finley A. Charney merupakan orang terdepan yang mendorong ASCE 7 dan NEHRP untuk lebih mendetailkan metode LTH.

Sebenarnya pengaruh dari penggeseran center massa pada struktur tidak hanya berpengaruh terhadap analisis LTH namun juga untuk analisis Modal Response Spectrum (MRS). Penggeseran center massa pada model struktur lebih direkomendasikan oleh ASCE 7 dibandingkan menggeser gaya lateral gempa seperti cara konvensional sebelumnya, atau dengan melakukan analisis statik torsi. Hal ini dikarenakan dengan menggeser center massa, maka karakteristik dinamik juga akan berubah, dimana periode getar dari struktur akan lebih besar serta kontribusi massa torsi akan semakin besar pula, adalah mungkin jika setelah dilakukan mass offset maka mode dominan torsi akan muncul lebih awal (Finley 2015).

Hal – hal yang di jelaskan sebelumnya tidak di-konsider jika hanya gaya gempanya saja yang di offset. Karena efek dari pergeseran center massa bersifat lebih berbahaya dibandingkan hanya dengan menggeser pusat gaya, maka metode menggeser pusat massa lebih di-anjurkan. Selama ini hal tersebut sulit diaplikasikan di design karena kapasitas software yang belum mampu mendukung hal tersebut.

Dengan diadakannya menu ini, diharapkan perhitungan accidental torsion yang lebih akurat dapat digunakan di design office.

Versi PDF :

https://www.academia.edu/12049012/Accidental_Torsion_dengan_Menggunakan_Mass_Offset_Menu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s