Elemen Struktur yang Bukan Bagian Penahan Gempa

Posted on Updated on

Update : 08-05-2015

ACI 318 memberikan kebebasan bagi insyinyur untuk menentukan apakah ada elemen yang dirasa tidak perlu untuk didesain sebagai bagian dari sistem penahan gempa. Namun ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Jadi bukan berarti bahwa elemen tersebut cukup untuk di design dengan beban gravity saja.

Hal ini dikarenakan walaupun elemen tersebut di desain hanya untuk beban gravitasi, namun karena sistem strukturnya masih berkaitan, elemen tersebut tetap akan mengalami deformasi yang cukup besar akibat beban gempa.

ACI 318-11 section 21.13 mengatur dengan jelas mengenai hal ini. Untuk sederhananya dapat melihat flowchart berikut ini (klik untuk memperbesar):

Elemen Struktur yang Bukan Bagian Penahan Gempa(sumber : lihat referensi)

Dari flowchart di atas dapat dilihat bahwa rasanya condition A sudah hampir tak mungkin bisa terpenuhi, oleh karenanya persyaratan yang ketat mengenai detailing di condition B harus terpenuhi. Terutama sekali untuk tulangan geser dan confinement, di pasal ini menjelaskan persyaratan yang ketat untuk kedua hal tersebut. Ini dikarenakan umumnya member yang tidak di desain menahan gaya lateral akan memiliki flexibilitas yang tinggi, semakin tinggi flexibilitas maka kebutuhan akan daktalitas meningkat, contohnya momen frame akan lebih banyak membutuhkan tulangan sengkang dibandingkan shearwall. Untuk lebih jelasnya mengenai detailing lihat di gambar berikut.

—————–klik untuk memperbesar——————

Detail Kolom Gravity di SDS D E F

Dari pasal ini, dapat dikira – kira bahwa hasil akhir untuk elemen yang di desain untuk tidak menahan gaya gempa adalah detailing yang tidak jauh berbeda dari elemen yang menahan gaya gempa, namun setidaknya batasan kebutuhan kekuatan (untuk gaya PMM dan geser) tidak harus dipaksakan memenuhi untuk gaya – gaya akibat beban gempa, jadi cukup kebutuhan gravitasi saja, kecuali gaya geser akibat plastifikasi momen di ujung – ujung member sebagaimana dipersyaratkan di ACI 318-11 section 21.13.

Penulis sering memamfaatkan provision ini, misalnya untuk kolom lift. Jadi kebutuhan section-nya tidak perlu besar – besar. Tentu ini juga bisa dimamfaatkan untuk kasus – kasus unik lainnya di proyek lain.

Referensi :

Johnson, Jerod G. – Concrete Gravity Members : Do ACI Seismic Provisions Apply ? – STRUCTURE magazine September 2014

Jack Moehle. – Seismic Design of Reinforced Concrete Buildings – 2015

Advertisements

3 thoughts on “Elemen Struktur yang Bukan Bagian Penahan Gempa

    Pieter said:
    04/10/2018 at 2:57 PM

    Selamat siang Pak Ryan, Mohon maaf menggangu.
    Perkenalkan saya pieter bekerja pada salah satu kontraktor swasta, saya ada beberapa pertanyaan pak dibenak saya perihal spiral wire spun pile jika dikorelasikan pada SNI gempa yaitu;

    Daerah proyek kami terletak pada kelas gempa C, dimana kami menggunakan pondasi dalam (spun pile) Dia.400 mm K.600. Sesuai SNI gempa dan ASCE 7-10 disyaratkan bahwa tulangan spiral wire untuk pile min 0.07% untuk 6 m’ teratas pada spun pile di daerah Seismic class C.

    Jika melihat spesifikasi spun pile yang beredar di Indo sepertinya tidak mengacu pada minimun spiral wire pada kondisi kelas gempa tertentu sesuai SNI gempa dan ASCE 7-10. Dengan ini saya mohon saran pak apakah untuk dalam design spun pile belum mengacu pada syarat minimum tersebut?

    Atas perhatiannya terima kasih.

    Like

      Ryan Rakhmat Setiadi responded:
      04/15/2018 at 8:42 PM

      Dear Pak Pieter, spun pile bukan untuk daerah rawan gempa, karena hakekatnya jika gempa terjadi, concrete cover akan lepas (spalling) dan area core di dalam confinement harus terjaga agar masih dapat menahan beban gravitasi. spun pile jelas tidak ada concrete core, karena di tengahnya lubang. Jadi sebelum lebih jauh membahas confinement, ada baiknya ditanyakan ke desain engineer-nya alasan penggunaan spun pile pak pieter 🙂

      Like

    Puji said:
    04/19/2018 at 7:17 AM

    Selamat pagi pak Ryan, mengenai tulisan di atas tentang ‘element struktur yang bukan bagian penahan gempa’ saya mau bertanya misalnya saya buat pemodelan di program ETABS nah elemen yang di maksud tersebut di pemodelannya mesti di apakan, apakah ada yang harus di assign khusus, seperti di tandai bhwa tidak menahan beban gempa, karna kan element tersebut menyatu dengan elemen yang menahan beban gempa.?
    Terimakasih, mohon tanggapannya pak Ryan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s