Daktalitas Pada Sambungan Baut dan Las Serta Efeknya Terhadap Desain Sambungan

Posted on Updated on

Pada prinsifnya, detail sambungan adalah hal penting yang sangat perlu diperhatikan oleh semua insinyur yang mendesain bangunan baja. Namun, umumnya insinyur lupa akan perbedaan mendasar mengenai konsep distribusi tegangan akibat daktalitas dari elemen baja dan pengaruhnya terhadap desain sambungan baut dan las.

Contohnya begini, kita tahu bahwa sambungan baut adalah sambungan yang cukup ductile, sementara sambungan las adalah tidak. Oleh karenanya prinsif mendesain sambungan baut adalah dengan asumsi kegagalan terjadi setelah adanya regangan yang cukup besar. Hal ini tidak berlaku untuk sambungan las, sambungan las akan gagal ketika regangan yang terjadi jauh lebih kecil dibandingkan regangan pada sambungan baut. Hal ini menimbulkan konsekuensi yang agaknya dilupakan oleh insinyur (termasuk penulis).

Kasus untuk masalah ini ditunjukkan pada gambar berikut :

Bolted Joint

Gambar di atas menunjukkan sambungan balok kolom dan bracing dengan gusset plate, dimana untuk balok kolom menggunakan baut dan bracing gusset plate dan kolom menggunakan las. Di sini AISC melarang untuk semua gaya vertikal (dan mungkin gaya tarik jika ada) ditahan oleh kedua sambungan baut dan las secara bersamaan. Pengecekan kapasitas rasionya harus semua gaya vertikal ditahan oleh baut sendiri, dan semua gaya vertikal ditahan oleh las sendiri, masing – masing sambungan baut dan las tidak boleh gagal.

Hal ini dikarenakan seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Semua gaya akan ditahan oleh las terlebih duhulu dikarenakan pada regangan yang sangat kecil las sudah mencapai ultimatenya dan baut belum, selain itu tidak ada daktalitas di las, sehingga tidak ada redistribusi tegangan ke baut, oleh karenanya semua gaya harus di desain untuk diterima oleh las sendiri. Setelah sambungan las gagal, maka semua tegangan baru akan pindah ke sambungan baut sehingga baut juga harus di desain untuk menerima semua gaya yang terjadi.

Kesimpulan : Sambungan baut dan las tidak diperbolehkan menerima gaya secara bersamaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s