Lateral Torsional Buckling (LTB) Untuk Struktur Dengan Pengaku Lateral Menerus di flange Atas

Posted on Updated on

Di software analisis Etabs, untuk analisis komposit secara default software hanya akan mendefinisikan untuk balok yang hanya memiliki momen positif, atau dalam hal ini balok anak (sambungan sendi – sendi). Untuk balok utama yang sambungannya jepit, maka akan timbul momen negative dimana compression akan terjadi pada bottom flange. Nah, masalahnya bottom flange tidak di restraint arah lateral, sehingga masih memungkinkan terjadi lateral torsional buckling.

AISC tidak menjelaskan dengan baik masalah ini, secara default momen negative di tumpuan tersebut akan dibandingkan dengan kapasitas balok biasa tanpa top restraint dengan LB dari kolom ke balok anak atau kolom ke kolom.

Sebenarnya jika dianalisis dengan lebih mendalam akan didapatkan bahwa asumsi AISC untuk kasus balok baja dengan pengaku menerus di flange atas adalah umumnya konservatif karena diabaikannya pengaku tersebut. Penulis pernah memiliki pengalaman untuk menganalisis eigen buckling untuk kasus balok castellated yang top flange-nya di restraint lateral dengan gording. Penulis menggunakan elemen shell untuk memodelkan balok castellated dan membandingkan nilai eigen buckling untuk balok castellated yang diberikan restraint lateral menerus di top flange dan balok castellated yang tidak diberikan restraint lateral di top flange. Hasilnya adalah peningkatan kapasitas momen yang cukup lumayan untuk balok castellated yang diberikan restraint lateral menerus di top flange.

Jika tiap kasus – khusus tersebut dianalisis dengan eigen buckling, tentu tidak praktis. Oleh karenanya insinyur bisa menggunakan pendekatan yura equation, dimana dalam equation ini akan didapatkan nilai amplifikasi momen kapasitas (CB) yang bisa digunakan. Rumus tersebut adalah :

Yura

Dan untuk beberapa kasus – kasus umum nilainya sebagai berikut :
Nilai Tipikal
Sebagai contoh, untuk kasus balok dengan perletakan jepit – jepit, maka jika menggunakan rumus konvensional AISC nilai CB = 2.38 dan jika menggunakan rumus yura maka hasilnya CB = 3.00 yang terlihat lebih besar.

Versi PDF : https://www.academia.edu/11634626/Lateral_Torsional_Buckling_LTB_Untuk_Struktur_Dengan_Pengaku_Menerus_flange_Atas

Advertisements

One thought on “Lateral Torsional Buckling (LTB) Untuk Struktur Dengan Pengaku Lateral Menerus di flange Atas

    Abdul aziz said:
    03/24/2015 at 10:25 PM

    Wah the best bgt tub yan. Bisa dijadiim topik skripsi atau tesis tuh yan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s