Nonlin Version 8.00 Software Gratis Analisa Struktur Untuk Pembelajaran

Posted on Updated on

Pembelajaran mengenai analisa gempa pada struktur memang harus ditanamkan dari kasus yang mudah. Misalnya dengan memamfaatkan pemodelan hanya Single Degree of Fredom (SDOF) saja. Banyaknya buku dinamika struktur sampai analisis gempa yang sederhana sampai yang advanced juga banyak dipasaran. Namun karena begitu banyaknya hal – hal yang dijelaskan oleh buku – buku tersebut, umumnya pelajar justru jadi kurang dapat memilah mana yang penting dan mana yang “cukup diketahui” saja.

Disini peran tool pada analisa struktur jadi penting. Biasanya software struktur analisis hanya menunjukkan opsi – opsi yang berguna saja pada softwarenya. Hal – hal yang menyangkut matematis menjadi opsional untuk diketahui. Yang penting seorang pengguna mengerti maksud dari opsi pada software tersebut dan kalau bisa “philosopis”-nya juga dipahami. Metode pembelajaran cara menggunakan “How to” yang dipelajari didepan, baru ditelah itu satu persatu maksud step – step tersebut dipahami, adalah metode pembelajaran yang sering saya gunakan saat mempelajari sesuatu, umumnya analis struktur. Dengan begitu saya tidak perlu membaca buku secara keseluruhan, cukup teori – teori yang digunakan oleh software analisa struktur saja.

Misalnya, untuk analisa respon spektrum saya perlu melakukan analisa modal terlebih dahulu. Di software untuk analisa modal ada dua opsi, natural eigen analisis dan load dependent ritz vector. Saya bisa mencari teori dari kedua metode tersebut di buku dinamika struktur dan saya pelajari. Jadi dengan begitu saya akan fokus dan runtun dalam mempelajari sesuatu. Tentu metode ini tidak di rekomendasikan. Bagaimanapun juga apa yang ada dalam text book adalah penting. Tentu penulis buku tidak akan menulis hal – hal yang tidak penting dibukunya.

Pada tulisan ini saya mau memperkenalkan software gratis yang sangat bagus untuk belajar kegempaan pada struktur. Dari analisa struktur yang biasa sampai yang cukup “advanced” bisa dilakukan pada software ini. Teori dari analisis juga dijelaskan pada manual dan banyak thesis di universitas pembuatnya. Adalah Dr. Finley A. Charney dari Virginia Tech University yang mengembangkan software tersebut. Sekarang software ini sudah pada versi 8.0 (yang saya dapatkan).

Analisisnya sedikitnya mencakup :

– Linear/Nonlinear SDOF dengan beban :
Force Vibration
Forcing Function
Blast Load
Ground Acceleration
Incremental Dynamic Analysis

– Multistory Model : With Damper, Base Isolation, Histeretic, and Bracing
– Dynamics Response Tool
– Complex Mode Response Tool – Complex Damping analysis

Berikut penampakan sofware nya :

Screenshot_2

Screenshot_3

Screenshot_4

Screenshot_5
Untuk mendownload software tersebut, bisa didapatkan di :

nees.org/resources/nonlin/supportingdocs

– Ryan Rakhmat Setiadi, ST

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s