Auto National Size (h factor) pada SAP2000 v.17

Posted on Updated on

Analisa nonlinear staged construction bukanlah menjadi analisa advanced yang jarang digunakan lagi. Analisa ini mulai banyak digunakan oleh konsultan untuk lebih mengetahui distribusi gaya – gaya pada struktur. Namun analisa nonlinear staged construction dengan creep dan shrinkage menjadi hal yang lain. Masalah analisa ini baru baru – baru ini bisa dilakukan di software analisa struktur. Misalnya SAP2000, baru bisa analisa creep dan shrinkage kalau tidak salah saat versi 14, sementara ETABS baru mulai di versinya yang terbaru ETABS 2013.

Analisa creep dan shrinkage pada nonlinear staged construction memang jarang digunakan konsultan. Analisa ini baru mulai penting jika struktur sudah sangat tinggi (misalnya sampai 50 lantai). Pengaruh pemendekan kolom menjadi cukup penting agar pelat tidak miring sehingga mengganggu kenyamanan penghuni bangunan. Nah di sini software yang umum dipakai misalnya SAP2000/ETABS jadi kurang bisa diandalkan. Memang software CSI terlihat terlalu menonjolkan analisa gempa dibandingkan untuk analisa nonlinear staged construction. Penulis pernah mencoba memakai analisa ini untuk suatu project dengan software ETABS 2013, namun dirasakan masih cukup sulit, terutama dalam men-definisikan nilai National Size pada software. Bayangkan, dikarenakan nilai National Size yang di-input di material model, padahal nilai ini bergantung dari geometri elemen, insinyur harus mendefinisikan material yang berbeda hanya karena nilai National Size yang berbeda.

Oleh karena itu, saya dengar SAP2000 v.17 sudah memodifikasi fitur tersebut. nilai National Size sudah dibuat untuk didefinisikan di saat penentuan geometri. Berikut penampakan inputnya yang saya dapatkan dari seorang rekan.

SAP2000

Oia, dengar – dengar isunya Kingdom Tower yang didesain Thornton Tomasetti akan menggunakan Midas Gen dibandingkan software ETABS. Isunya ini dikarenakan Midas Gen lebih advance opsinya untuk nonlinear staged construction yang memperhatikan creep dan shrinkage. Bahkan dari brosurnya kalau tidak salah sudah bisa memperhitungkan untuk section composit. Nampaknya CSI sofware sudah mulai terkejar nih.

– Ryan Rakhmat Setiadi, ST

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s